Wisata di Lemo, Tana Toraja

Share with love

Mengunjungi Lemo, Tana Toraja

Lemo adalah Objek wisata yang merupakan kompleks pemakaman di tebing bukit yang curam dan sudah ada sejak dari dahulu sampai sekarang masih di pergunakan untuk tempat persemayaman terakhir. Di Lemo ini anda akan disajikan wisata yang sedikit berbeda karena anda akan melihat secara langsung jenazah yang sengaja disimpan dalam ruang terbuka yang berada didinding bukit curam. Yang menarik dari tempat wisata ini yaitu tempat wisata yang menyajikan kematian, ritual dan juga seni.

Seni tersebut terbukti dengan adanya patung kayu yang dinamakan patung tao – tao yang sengaja dipahat dan di buat semirip mungkin dengan orang yang di kuburkan di tempat itu. Jika memerhatikan patung yang ada pada Situs Pemakaman Purba  ini dengan detail, anda akan menemukan posisi tangan kanan yang menghadap keatas dan tangan kiri menghadap kebawah. Posisi tangan tersebut pun mempunyai arti tersendiri yaitu perbedaan antara yang manusia yang masih hidup dan sudah wafat.

Akses menuju ke obyek wisata Lemo yang mudah

Untuk lokasinya mudah untuk dijangkau karena terletak di tengah poros antara kota Rantepao dan Kota Makale. Dan untuk sampai kesana anda bisa menggunakan bentor atau menyewa kendaraan disekitarnya dengan sopir atau bisa juga tanpa sopir atau anda dapat menghubungi Els Queen Wisata untuk mempersiapkan transportasi anda

Jika anda menyusuri Lemo ini anda akan menemukan lubang-lubang di tebing yang curam dengan pintu yang tertutup da nada juga yang pintu yang terbuka, dimana pintu yang terbuka tersebut merupakan lubang yang baru saja di buat dan belum terdapat jenasah, sementara lubang dengan pintu yang tertutup sudah terpakai atau terdapat jenasah bahkan memungkinkan meletakkan lebih dari 1 jenasah dalam 1 lubang patane.

Terdapat Rumah Adat dengan usia Ratusan Tahun

Bukan hanya perjalanan yang penuh misteri yang anda dapatkan ketika berkunjung ke Lemo, di kawasan ini juga terdapat rumah tongkonan yang telah berumur ratusan tahun dimana atap dari rumah adat tersebut telah di dipenuhi tanaman liar dan lumut oleh karena usianya.
Walaupun bangunan yang dipenuhi dengan tanaman liar dan lumut tersebut bangunan tersebut masih mempunyai kesan seni yang indah, bahkan berkesan eksotis. Bagi anda yang rindu dengan suasana pedesaan, pemandangan sawah juga bisa anda dapatkan saat menyusuri Lemo ini.

Masih bingung untuk menemukan tempat wisata yang berbeda dengan tempat wisata lainnya? Sebaiknya cepat putuskan untuk mengunjungi tempat wisata Lemo ini dan temukan keindahan yang berbeda dari yang lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *