Wisata bahari

Share with love

WISATA BAHARI DI MAKASSAR ~Els Queen Wisata

  1. Pantai Losari

Pantai Losari adalah sebuah pantai yang terletak di sebelah barat kota Makassar. Pantai ini menjadi tempat bagi warga Makassar untuk menghabiskan waktu pada pagi, sore dan malam hari menikmati pemandangan matahari tenggelam yang sangat indah. Dulunya, pantai ini dijuluki sebagai pantai yang mempunyai meja terpanjang di dunia, karena adanya warung-warung yang berjejer sepanjang ± 1 km yang menyuguhkan makanan khas Makassar seperti pisang epe, pisang ijo, pallu butung dan sebagainya. Wisatawan yang berkunjung ke tempat ini dapat melihat pemandangan indah matahari terbit dan matahari terbenam sambil menikmati hidangan makanan khas Makassar tadi. Namun, sekarang warung-warung tersebut sudah tidak ada lagi karena kebijakan pemerintah yang ingin membuat Anjungan Pantai Losari. Tempat ini juga seringkali menjadi pusat event-event yang diselenggarakan di Kota Makassar.

  1. Pulau Samalona

Pulau samalona merupakan gugusan pulau karang yang berbentuk bundar dengan luas 2,34 Ha. Pulau Samalona merupakan kekayaan milik nusantara yang harus dijaga dan dilestarikan karena luas Pulau Samalona semakin menyusut dari tahun ke tahun. Pulau kecil ini merupakan salah satu tujuan wisata bahari yang banyak dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun mancanegara. Pasirnya yang putih dan airnya yang jernih menjadikan pulau ini cocok untuk berjemur. Selain itu, kawasan pulau ini sangat bagus untuk menyelam (diving), karena di sekelilingnya terdapat karang-karang laut yang dihuni beraneka ragam ikan tropis yang berwarna-warni, dan biota laut lainnya. Waktu paling tepat untuk berkunjung ke pulau ini adalah sekitar bulan februari hingga oktober. Pulau ini menyimpan sejuta misteri tentang karamnya sejumlah kapal peninggalan Perang Dunia ke-II. Ada sekitar 7 buah kapal yang karam di kawasan pulau ini. Selain misteri dan keindahan taman lautnya, para wisatawan dapat juga menyaksikan matahari terbit (sunrise) dan terbenamnya matahari (sunset) pada satu posisi yang sama.

  1. Pantai Akkarena

Akkarena, Pantai Mempesona di Makassar merupakan Pusat rekreasi keluarga. Akkarena terletak di pesisir Pantai Tanjung Bunga dengan luas pengembangan sampai dengan 10 Ha. Dengan keindahan panorama pantainya serta keindahan matahari terbenam. Pusat rekreasi keluarga. Akkarena menawarkan berbagai sarana untuk bersantai, bermain dan berolah raga bersama seluruh keluarga. Dahulu nama pantai Akkarena adalah Tanjung Bunga dan lokasinya berada diantara 3 tanjung milik Makassar yaitu Tanjung Bayang dan Merdeka. Nama Tanjung Bunga berubah karena diambil alih oleh perusahaan kontraktor asal SulSel yang kemudian dilakukan pembangunan fasilitas seperti taman bermain, restaurant, café, lounge, dan lainnya.

  1. Pulau Lae Lae

Lae-Lae adalah sebuah pulau di Provinsi Sulawesi Selatan, Indonesia. Pulau dengan luas 0,04 km² ini dihuni oleh 400 keluarga atau sekitar 2.000 jiwa. Jarak pulau ini dari Makassar sekitar 1,5 km. Pulau Laelae merupakan salah satu pulau dalam gugusan pulau atau Kepulauan Spermonde, Sulawesi Selatan. Di Pulau ini terdapat sebuah situs peninggalan sejarah berupa terowongan bawah tanah. Terowongan ini katanya dapat mencapai benteng Rotterdam. Akan tetapi karena tidak terawat sehingga jalan terowongan ini tidak dapat dilewati atau buntu karena banyak timbunan sampah rumah tangga didalamnya. Di pulau Lae-lae yang banyak dijumpai adalah Terumbu Karang. Kondisi terumbu karang di pulau ini termasuk jelek yang kemungkinan besar utamanya disebabkan oleh tingginya tingkat sedimentasi dan eutrofikasi yang berasal dari massa daratan utama atau daerah inshore. Di pulau ini juga ditemukan kelimpahan makro alga yang paling tinggi didominasi jenis makro alga coklat.

  1. Pulau Kayangan

Pulau Kayangan adalah sebuah pulau kecil berpasir putih seluas sekitar 1 ha. Lokasinya tidak jauh dari Pelabuhan Soekarno-Hatta Makassar, atau dapat ditempuh 15 menit perjalanan dengan menumpang perahu boat 36 PK yang khusus disediakan bagi para pengunjung. Pulau Kayangan mempunyai beberapa fasilitas seperti tempat penginapan, resort/pondokan, panggung hiburan, restoran, gedung serba guna, tempat bermain bagi anak-anak, sarana olah raga, dan anjungan memancing. Di bagian lain terdapat sejumlah aquarium yang menampung beraneka ragam jenis ikan hias air laut. Di Pulau ini anda dapat berenang, menikmati panorama matahari terbenam (sunset), olah raga air, musik & pertunjukan, dan  permainan anak-anak.

  1. Pulau Kodingareng Keke

Pulau Kodingareng Keke adalah pulau kecil dengan luas keseluruhan sekitar 1 hektar. Pasir yang ada dipulau ini sangat indah dan berbeda dari pantai lainnya dan tampak seperti batu kapur. Kondisi Pulau sudah penuh dengan air laut sehingga daratan hanya tinggal seluas lapangan bola. Warna airnya hijau kebiruan sehinga keindahan lautnya sangat menakjubkan. Pulau ini tidak berpenghuni karena hanya brupa pasir putih dan beberapa pohon kecil. Hanya ada sebuah bangunan untuk peristirahatan seperti villa. Sejarah awal terbentuknya pulau ini karena gugusandari kepulauan Supermonde di Kawasan SulSel yang memiliki beberapa pulau kecil. Daratan pulau terbentuk oleh pecahan-pecahan karang dan berbentuk pasir serta kerikil.


Els Queen Wisata menawarkan jasa :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *