Upacara Rambu Solo di Toraja

Share with love
  • 1
    Share

Dalam kepercayaan animisme kuno, Aluk To dolo, masyarakat suku Toraja percaya bahwa kematian bukanlah akhir dari segalanya. Kematian juga bukan sesuatu yang datang secara tiba-tiba melainkan sebuah proses bertahap menuju Puya (dunia arwah).

Prosesi pemakaman di Tana Toraja tidak seperti pemakaman di Indonesia pada umumnya. Jasad anggota keluarga yang meninggal baru akan dimakamkan ketika keluarga yang ditinggalkan sudah siap secara psikis maupun materi untuk menyelenggarakan Upacara Rambu Solo. Upacara Rambu Solo inilah yang sering kali menjadi daya tarik wisata. Banyak wisatawan mancanegara yang dating ke Toraja untuk menyaksikan Upacara Rambu Solo.

Prosesi pemakaman Adat Toraja atau Upacara Rambu Solo terdiri dari beberapa tahapan. Tahapan yang pertama, selama belum dimakamkan, jasad tetap berada di rumah atau diletakkan di Tongkonan (Rumah Adat Toraja). Tongkonan erat kaitannya dengan sipiritualitas suku Toraja sebab disinilah adanya kontak vertical dengan leluhur tercinta. Selama disimpan, jenazah dibungkus dengan beberapa helai kain dan disuntik dengan cairan formalin agar tidak mengeluarkan bau. Barulah setelah Upacara Rambu Solo berlangsung, maka sempurnalah kematian seseorang. Ritual adat pemakaman ini sudah langgeng dikalangan masyarakat Toraja sejak pertengahan abad ke-17 M.

Rambu Solo dilaksanakan pada siang hari, saat matahati mulai condong ke barat dan biasanya memakan waktu 2-3 hari bahkan 2 minggu. Secara umum, prosesi pemakaman Rambu Solo dibagi dalam dua kategori yaitu prosesi pemakaman (Rante) dan pertunjukan seni.

Baca Juga:

  1. Nikmati kesejukan udara dan keindahan alam perkebunan Teh Malino
  2. Festival Keraton Nusantara ke XIII di Palopo
  3. 17 Hal yang Tak Boleh Terlewatkan Saat Berada di Makassar
  4. Transportasi Bandara
  5. Referensi Sewa Transport atau Bus Pariwisata di Makassar

Ketika hendak menjalani prosesi pemakaman, jenazah sudah dibungkus (Ma’Tudan Mebalun) serta peti kayunya sudah dihiasi oleh benang emas dan perak (Ma’Roto). Setelah itu, jenazah dipindahkan ke sebuah lapangan khusus. Pemindahan jenazah ini diiringi arak-arakan panjang dan doa-doa melalui nyanyian duka cita. Tak ketinggalan, music dan tari-tarian adat juga ikut memeriahkan suasana pemakaman adat Toraja ini.

Di lapangan, kerbau-kerbau yang telah dipersiapkan oleh keluarga maupun pemberian pelayat, langsung dipotong dengan cara ditebas di bagian leher. Sebelum dipotong, kerbau-kerbau diadu terlebih dahulu. Pertunjukan adu kerbau ini menjadi hiburan menarik bagi masyarakat setempat. Prosesi adu kerbau ini yang banyak menarik wisatawan untuk ditonton.

Ritual selanjutnya jenazah diarak ke kompleks pemakaman. Ditengah perjalanan aka nada kegiatan menyebar uang dan masyarakat yang mengarak jenazah akan rebutan untuk mendapatkan uang tersebut. Barulah kemudian diselenggarakan ibadah persemayaman, ungkapan belasungkawa, ucapan terima kasih dari keluarga, dan prosesi pemakaman.

Jenazah dikuburkan di atas tebing di ketinggian bukit batu. Orang Toraja percaya bahwa semakin tinggi kuburan seseorang maka semakin dekat pula ia dengan alam roh. Setelah Upacara Rambu Solo usai maka Ia telah meninggalkan dunia untuk selama-lamanya. Di kehidupan setelah mati, Ia akan bertransformasi menjadi arwah gentayangan (Bombo), arwah setingkat dewa (To Mebali Puang), atau arwah pelindung (Deata).

Wisatawan yang ingin menghadiri Upacara Rambu Solo ini dapat request atau bertanya kepada guide atau tour leader yang bertugas. Oleh karena itu, wisatawan yang melakukan perjalanan wisata ke Toraja, lebih baik menggunakan jasa perjalanan wisata dan paket tour Els Queen Wisata supaya mendapatkan pengalaman wisata yang lengkap.

Untuk anda yang ingin menggunakan jasa Travel atau Transportasi di Makassar bisa menggunakan jasa kami Els Queen Wisata yang menyediakan paket tour Toraja dan Els Queen Transport bagi anda yang ingin menggunakan jasa transportasi atau bus pariwisata makassar saja.

Els Queen Wisata Makassar menyediakan beberapa paket yang dapat menjadi alternatif pilihan anda seperti mulai dari Paket Tour Toraja 2 Hari 1 Malam, Paket Tour Toraja 3 Hari 2 malam, dan Paket Tour Toraja 4 Hari 3 Malam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *