Pesona Sungai Rammang-Rammang 2

Share with love

Sungai Rammang-rammang merupakan wisata alam yang digadang-gadang oleh Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan untuk menjadi tujuan wisata baru, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata kemudian memperbaiki kondisi fisik Kawasan Karst Rammang-Rammang sejak awal tahun 2015.

Saat menyusuri Sungai Pute Rammang-rammang , pohon bakau dan nipah yang tumbuh liar di sisi kiri dan kanan sungai akan menghiasi perjalanan wisata anda.

Untuk menyusuri sungai ini, anda harus menggunakan perahu sewaan sebagai alat transportasi untuk mencapai Desa Berua. Untuk sampai ke Desa ini memang mempunyai 2 alternatif yaitu melalui dermaga 1 dan dermaga 2. Untuk mencapai Desa Berua melalui dermaga 1 memakan waktu sekitar 20-30 menit. Namun jika melalui dermaga 2 hanya sekitar 10-15 menit saja karena dermaga 2 berada hampir dipertengahan antara Dermaga 1 dan Desa Berua. Bedanya, Dermaga 2 terlihat lebih elok karena terdapat kafe dan ada beberapa orang juga menjadikan tempat ini sebagai tempat untuk melakukan foto prewedding.

Dalam 1 perahu biasanya cukup untuk 7-9 orang penumpang dengan harga sewa sekitar 250-350 ribu rupiah. Anda juga bisa menyewa seorang pemandu wisata atau pemandu lokal jika ingin mengetahui lebih dalam mengenai Kawasan ini.

Setelah 20-30 menit menyusuri sungai, anda akan tiba di Kampung Berua. Kampung ini menyuguhkan landscape Karst yang sangat menawan. Tak heran jika UNESCO menobatkan tempat ini sebagai hutan batu (karst) terindah dan terbesar di dunia setelah Tiongkok. Sayangnya bukit karst yang menyerupai benteng pertahanan ini akan dibom oleh perusahaan-perusahaan semen swasta di Sulawesi Selatan. Mereka akan memanfaatkan tempat ini sebagai bahan baku pembuatan semen komersil.

Tidak puas dengan penelusuran Sungai Pute dan Kampung Berua, anda juga bisa pergi ke goa-goa yang punya peninggalan manusia prasejarah. Di sini terdapat lukisan purbakala yang berusia ribuan tahun seperti lukisan bergambar ikan, telapak tangan, perahu, dan lain-lain. Untuk menuju lokasi ini, anda akan melewati areal persawahan dan perkebunan rakyat yang berair dan berlumpur. Anda dapat menggunakan jasa travel agen seperti  Paket Tour Makassar 3 hari 2 malam, Tour Makassar 4 hari 3 Malam atau Paket Tour Makassar 5 Hari 4 malam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *