Londa, Tempat pemakaman di tebing batu

Share with love

Obyek Wisata Londa

Berwisata ke Tana Toraja wajib untuk mengetahui budaya Toraja yang tergolong unik seperti pekuburan di Toraja yang tidak ada duanya seperti yang ada di Goa Londa. Objek wisata yang berada di Toraja Utara ini adalah pekuburan atau makam. Namun makam yang berbeda dengan makam pada umumnya, makam atau kuburan orang Toraja seperti yang ada di Londa ini terletak di tepi bukit yang menggelantung serta juga terdapat di dalam goa-goa batu.

Untuk mencapai lokasi pemakaman dalam tebing batu londa tidaklah sulit. Anda hanya perlu berkendara kurang lebih 7 kilometer ke selatan kota rantepao. Anda bisa menggunakan jasa ojek, angkot, bemo maupun mobil sewaan untuk mencapainya.

Ketika sampai dilokasi objek wisata, kita akan diperhadapkan dengan barisan patung kayu yang dikenal dengan nama Tau-Tau. Tau-tau merupakan patung dari jenazah yang dimakamkan di lokasi objek wisata Londa tersebut

Menelusuri Goa Londa deengan lampu petromax

Selama perjalanan menitih anak tangga menuju pemakaman dalam tebing batu londa, jalan akan semakin gelap. Oleh karena itu, pastikan anda membawa penerangan, jika tak menyiapkan alat penerang sebelumnya, anda bisa menyewa lampu petromax sebagai penerang. Harga sewanya biasanya sekitar 25.000 atau 50.000 – 70.000 termasuk lampu petromax serta warga yang mmbawakan lamu sekalian sebagai pemandu.

Dari kejauhan anda sudah disuguhi pemandangan kompleks pemakaman dalam tebing batu londa yang sangat curam tetapi dihiasi dengan rimbunan pepohonan hijau. Jika anda cermat, anda juga bisa melihat beberapa peti mati berwarna cerah yang terselip pada  celah tebing. Sampai dikaki tebing inilah mata akan segera tercengang dengan kenampakan gua alam yang dijadikan sebagai makam.

Alam sekitar Londa yang indah dan sejuk

Setibanya pada mulut goa, aura mistis akan segera menyambangi tubuh. Liarnya hutan sekitar serta angin yang berhembus membuat suasana akan semakin mencengkam. Jika mendongakkan kepala keatas, anda akan disambut dengan jajaran patung tau-tau, yaitu patung dari pohon nangka yang dipahat menyerupai orang yang dikubur di pemakaman dalam tebing batu londa.

Di sekitar patung tau-tau akan nampak peti mati (erong) yang disangga dengan kayu sehingga tak tergelincir jatuh. Jenazah-jenazah ini memang sengaja diletakkan di tempat yang tinggi untuk mengamankan harta yang dikubur bersama. Warga setempat juga percaya bahwa semakin tingggi tempat penguburan maka semakin dekat pula perjalanan roh tersebut menuju tempatnya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *