Loko Mata, kuburan batu di Toraja

Share with love

Els Queen Wisata, Indonesia mempunyai banyak warisan kebudayaan nya, salah satu yang unik adalah Lokomata adalah lubang yang di pahat oleh tukang pahat kubur (Patane) menjadi kuburan di sebuah batu besar yang terdapat di pinggir jalan yg dilubangi berbentuk kotak2  untuk penempatan jenazah orang yg meninggal. Dalam 1 batu besar ini terdapat banyak lubang tempat menaruh jenazah, biasa nya 1 lubang buat 1 keluarga yang berarti bisa berisi lebih dari 1 jenazah.

Keunikan adat masyarakat Toraja ini menjadi satu destinasi menarik bagi wisatawan yang ingin mengetahui kuburan tersebut. Loko Mata merupakan lokasi wisata yang patut dikunjungi saat Anda datang ke Sulawesi Selatan. Letaknya berada di daerah utara toraja utara tepatnya di Batutumonga, kabupaten Toraja Utara, Sulawesi Selatan. Batutumonga merupakan daerah yang terletak di puncak dataran tinggi di utara kota rantepao.

Dari ketinggian Batutumonga anda dapat melihat dengan jelas keadaan kota Rantepao ibu kota Tana Toraja dengan hamparan sawah yang indah dan pepohonan rindang. Selain itu, sepanjang perjalanan menuju Lokomata tersebut terdapat pemandangan menarik lain yang dapat Anda kunjungi seperti deretan rumah adat tongkonan di Pallawa,dan batu menhir di Bori. Keindahan dan keunikan objek wisata ini tentu akan membuat diri Anda terpana dan terkagum-kagum serta tidak ingin melewatkan kesempatan untuk mengabadikan keindahan alam Toraja utara ini.

Adat istiadat masyarakat Toraja ini memang terbilang unik, Lokomata merupakan salah satu objek wisata patane, yang biasanya orang toraja membuatnya di tebing batu yang mana di lokomata, kuburan batu ini di buat pada sebuah batu besar yang berisi mayat. Tempat ini yang masyarakat lokal menyebtnya dengan “patane” menjadi tempat penyimpanan mayat masyarakat Toraja sejak jaman dahulu kala.

Biasanya mayat selalu dikuburkan. Namun saat Anda berkunjung di sana akan mendapati sebuah kuburan batu Lokomata ini diisi dengan banyak mayat. Ada banyak lubang pada batu besar tersebut, yang mana setiap lubang batu itu berisi lebih dari satu mayat. Mayat dalam satu lubang tersebut masih memiliki hubungan keluarga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *