Kuliner Makassar

Share with love
  • 1
    Share

KULINER MAKASSAR

 

  1. Pallubasa

Pallubasa adalah  salah satu makanan khas di Makassar sama halnya  Seperti Coto di Makassar, Pallubasa juga menggunakan daging sapi sebagai bahan utamanya. Namun memiliki cita rasa yang berbeda. Kuahnya pun cenderung wangi dan berwarna lebih terang. Kalau suka, anda juga bisa minta tambahkan telur mentah yang dicelupkan ke kuah panas. makan dengan sepiring nasi putih panas dan racik kuah pallubasa dengan sambal sesuai selera.

 

 

 

 

 

 

 

  1. Coto Makassar

Coto terdiri dari potongan daging serta kuah yang kaya akan rempah-rempah pilihan. Tambahan bawang goreng serta daun bawang juga membuat rasanya menjadi lebih nikmat. Tempat makan coto yang paling terkenal di Makassar adalah Coto Gagak dan Coto Nusantara . Tempat ini selalu ramai pengunjung karena menjadi tempat favorit banyak orang.

 

 

 

 

 

 

 

  1. Sop Konro

Sop Konro di Makassar adalah sajian yang menunya terbuat dari iga sapi bahan dasarnya yang direbus bersama kayu manis, air asam jawa dan beragam bahan lain, termasuk kluwak, yang biasa dijadikan bumbu dasar untuk rawon Jawa Timur. Terkadang disajikan dengan sedotan untuk menikmati bagian dalam tulang-tulangnya. Lebih enak lagi disantap saat masih panas bersama potongan ketupat. Salah satu tempat untuk dapat menikmati Sop Konro ini ada di jl.Lompobattang

 

 

 

 

 

  1. Pisang Epe

Makanan khas Makassar dari bahan pisang raja ini begitu terkenal dikalangan wisatawan. Pisang raja yang diolah dengan cara dibakar di atas bara api hingga harum, dibelah dan ditekan hingga pipih, kemudian dibakar kembali. Anda juga dapat menambahkan topping dari campuran gula merah, keju, dan cokelat. Untuk bisa menikmati jajanan ini bisa ditemukan pada sore hingga  malam hari  disepanjang pantai losari. Biasanya yg tersedia tidak hanya pisang epe juga menyediakan jagung bakar.

 

  1. Es Pallu Butung

Es Palu Butung terdiri dari pisang yang lebih dulu direbus lalu dipotong kecil merupakan bahan utamanya. Hidangan ini disajikan bersama fla yang terbuat dari santan dan tepung beras. Tambahan sirup merah dan serutan es membuatnya semakin nikmat untuk disantap, apalagi pada siang hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *