Balla Lompoa

Share with love

BALLA LOMPOA

balla Lompoa

Museum Balla Lompoa berada di Jl. Sultan Hasanuddin No.48, Sungguminasa, Somba Opu, Kabupaten Gowa, Sulawesi  Selatan. Museum Balla Lompoa adalah rekonstruksi dari istana Kerajaan Gowa yang didirikan pada masa pemerintahan Raja Gowa XXXI yakni I Mangngi—mangngi Daeng Matutu pada tahun 1936. Museum ini dulunya sebagai tempat Raja-raja Gowa. Balla Lompoa dalam bahasa Makassar berarti Rumah Besar atau Rumah Kebesaran yang arsitekturnya berbentuk rumah khas orang Bugis, yaitu rumah panggung dengan sebuah tangga setinggi lebih dari 2 meter untuk bisa masuk ke dalam rumah ini. Museum ini berfungsi sebagai tempat menyimpan koleksi benda-benda Kerajaan Gowa,Di dalamnya terdapat berbagai macam peninggalan kerajaan termasuk benda-benda pusaka, Mahkota dan berbagai perhiasan berharga serta terpampang pula silsilah keluarga Kerajaan Gowa mulai dari Raja Gowa 1 Tomanurunga hingga Raja Gowa terakhir Sultan Moch Abdulkadir Aididdin A. Idjo Karaeng Lalongan.

Paket Wisata Kami Lainnya:

Paket Tour Sehari Makassar / Paket Transit Makassar
Tour Makassar 2 hari 1 malam
Tour Makassar – Study Tour 3 hari 2 malam
Tour Makassar – Trans Studio 3 hari 2 malam
Tour Makassar Malino 4 hari 3 malam
Tour Makassar + pulau Samalona 5 hari 4 malam
Tour Rohani Katolik Makassar-Toraja
Tour Toraja 2 hari 1 malam
Tour Toraja 3 hari 2 malam
Tour Toraja 4 hari 3 malam

Di ruangan utama terdapat sebuah singgasana yang terletak di tengah-tengah ruangan. Dan juga beberapa alat perang seperti tombak, meriam kuno, serta sebuah payung lalong sipue(payung yang digunakan raja ketika pelantikan).Bangunan utama istana berukuran 60×40 meter dan ruang penerima tamu berukuran 40×4.5 meter.Seluruh bangunan dan atapnya terbuat dari kayu ulin atau kayu besi.Setiap perayaan Idul Adha diadakan upacara adat pencucian benda pusaka kerajaan.

Museum Balla Lompoa menyimpan koleksi benda-benda berharga karena bahan pembuatannya dari emas dan batu mulia. Di museum ini terdapat sekitar 140 koleksi benda kerajaan yang bernilai tinggi, seperti mahkota,gelang,keris, 7 buah tombak, 7 buah naskah lontar, dan 2 buah kitab Al-Qur’an yang di tulis tangan pada tahun  1848.

Jasa Kami Lainnya:

Sewa Grand New Avanza
Sewa Toyota Innova Reborn
Sewa Bus Pariwisata / Sewa Elf 15 – 17 Seater
Sewa Bus Pariwisata / Bus 29 Seater
Sewa Bus Pariwisata / Bus 35 Seater
Sewa bus di makassar

Jika anda berencana untuk jalan-jalan bersama keluarga atau teman ke Makassar, anda dapat menghubungi Agen Travel kepercayaan anda atau menghubungi kami Els Queen Wisata, kami menawarkan Paket-paket wisata, Guide dan Transportasi.

 

Info/ Reservasi: Els Queen Wisata

Atau respon cepat dapat menghubungi kami di   +62 411 875643 , +62823 4464 2837

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *